produk

Thursday, March 10, 2016

Contoh Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

PENGOBATAN IBU HAMIL - Hai para ibu hamil, semoga ibu dan calon buah hati Anda selalu diberikan kesehatan oleh TUHAN (Amin). Pada awal kehamilan biasanya para ibu akan drop, baik itu nafsu makan, kondisi emosional serta kondisi kesehatannya. Akan tetapi disisi lain dengan adanya janin pada rahim Anda, diperlukan asupan gizi serta nutrisi yang baik untuk menjaga kondisi kesehatan janin.
Karena itulah ibu hamil wajib menjaga makanan yang anda. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi 10% kalori  dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan ( trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan ( trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari.

Pada masa kehamilan sering kali para ibu akan merasakan mual dan muntah, hal demikian akan yang membuat para ibu hamil sering kali membiarkan perutnya kosong dan akan mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi bagi janin yang di kandung. Hal demikian wajib dihindari dengan cara makan namun dalam jumlah porsi yang ringan saja.

Supaya anda dan janin yang dikandung tetap sehat sampai proses persalinan, anda wajib mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil. Maksud makanan sehat adalah makanan yang mengandung banyak gizi sehingga menutrisi kebutuhan ibu dan janin yang dikandung. Nah berikut ini ada beberapa contoh makanan bergizi untuk ibu hamil, berikut ini diantaranya :

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama (I)

Pisang

Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness), selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium. Pisang baik dikonsumsi untuk ibu hamil timester pertama karena dapat mengurangi mual (ngidam) yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama.

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.

Kacang-kacangan

Hampir 40 persen wanita hamil akan menjadi sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi. Sebagian besar dari kita tahu bahwa kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua (II)

Telur

Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari. Dan jika Anda vegetarian atau tidak suka telur, sumber-sumber lain yang mengandung choline termasuk daging sapi, susu dan kacang kedelai. Telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi (janin) di samping meningkatkan otak Anda sendiri.

Alpukat

Alpukat adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Alpukat telah diketahui dapat membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga (III)

Pepaya

Buah tropis yang satu ini penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit, yang sering dialami selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Namun, wanita hamil hanya boleh makan pepaya matang, karena pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin dalam pada getahnya (resin dari pohon pepaya), yang dapat menyebabkan kontraksi.

Kacang

Ketidaknyamanan saat hamil menjadi lebih berat selama trimester ketiga, penting untuk makan sering. Kacang-kacangan adalah sumber protein dan lemak yang sehat untuk jantung. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio dan kacang mete semua memiliki lemak sehat, protein dan serat.

Lemak Ikan

Lemak pada ikan laut kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu membantu jantung dan menguatkan kesehatan otak. Makan sampai 12 ons ikan per minggu dianggap aman untuk ibu hamil selama kehamilan. Bersumber dari: Mediskus(dot)com

Itulah contoh makanan bergizi untuk ibu hamil. Konsumsilah makanan bergizi supaya Anda dan janin anda tetap sehat sampai proses persalinan tiba.

========================================
Suplemen Ibu Hamil Untuk Proses Persalinan
Klik Gambar Atau Klik Disini
========================================

7 comments: